Pengertian Belajar

Posted: Januari 8, 2011 in Uncategorized

Menurut James O Whittaker, belajar dapat didefinisikan sebagai proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman.

Learning may be defined as the process by which behaviour originated or is altered through training or experience

Definisi yang tidak jauh berbeda dengan definisi tersebut dikemukakan oleh Cronbach dalam bukunya yang berjudul Educational Psichology

Learning is shown by chang in behaviour as a result of experience

dengan demikian, belajar yang efektif adalah melalui pengalaman, berinteraksi langsung dengan objek belajar dengan menggunakan semua alat indera yang kita miliki.

Satu lagi definisi yang dikemukakan oleh Howard L. Kingsley

Learning is the process by which behaviour (in the broader sense) is originated or change through practice or training

belajar adalah proses dimana tingkah laku (dalam arti luas) ditimbulkan atau diubah melalui praktek atau latihan.

Belajar merupakan proses dari perkembangan hidup manusia. Dengan belajar, manusia melakukan perubahan-perubahan kualitatif individu sehingga tingkah lakunya berkembang. Semua aktivitas dan prestasi tak lain adalah hasil dari proses belajar. Belajar itu bukan sekedar pengalaman. Belajar adalah suatu proses, dan bukan suatu hasil. Karena itu setiap kegiatan yang telah kita lakukan adalah suatu proses belajar. Jika kita memperoleh hasil yang baik (baca:prestasi) dahi proses tersebut, maka kita perlu belajar lagi untuk bisa menjadi lebih baik lagi. Dan jika hasil yang diperoleh itu buruk (baca:kegagalan), maka jangan mengeluh atau berputus asa. Maknailah bahwa cara belajar kamu mungkin salah dan perlu lebih ditingkatkan lagi .

 

Ayooo belajar !

Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri Cina

 

Tinggalkan komentar